Alasan mengapa sistem itu penting.

Seberapa penting sebuah sistem?

Sistemasi adalah salah satu fase dalam perjalanan suatu perusahaan di mana dalam fase ini, semua komponen dalam perusahaan diintegrasikan sehingga membentuk satu kesatuan yang harmonis.

Tapi masih banyak di luar sana perusahaan yang walaupun skalanya sudah cukup besar, namun masih belum memiliki sistem. Lalu kenapa suatu perusahaan harus menggunakan sistem? 

Tanpanya, inilah yang mungkin terjadi pada bisnis Anda.

By FRANS

1. Inkonsistensi produk.

Salah satu tujuan dari dibuatnya sebuah sistem adalah agar output dari proses bisnis itu sendiri memiliki kualitas yang sama dari waktu ke waktu. Tanpa adanya sistem, maka proses bisnis akan menjadi tidak terkontrol. Namun jika Anda memiliki system dengan standar yang sudah ditentukan, karyawan Anda akan mudah mengikuti prosedur yang telah ditetapkan sehingga proses produksi dan output dari proses tersebut akan terjaga kualitasnya.

2. Boros.

Pemborosan akan menjadi masalah yang mengerikan bagi bisnis Anda saat Anda tidak mengimplementasikan sistem. Anda akan mengalami kesulitan untuk melacak kebocoran dalam bisnis Anda. Pemborosan ini dapat terjadi baik dari segi bahan baku, tenaga, SDM, inventory, dan keuangan secara langsung. Dengan adanya sistem, Anda dapat mengetahui di bagian mana kebocoran terjadi dan dapat memangkas pengeluaran yang tidak perlu.

3. Tidak dapat dikembangkan.

Bisnis yang tidak menggunakan sistem menjadi sulit dan bahkan tidak dapat diukur kinerjanya, dan saat kinerja bisnis Anda tidak terukur maka Anda akan kesulitan untuk mengembangkannya pula.

“If you can not measure it, you can not improve it.”

– Peter Drucker

4. Serba manual.

Saat Anda baru memiliki sedikit customer, mungkin Anda masih bisa menghandle permintaan mereka secara manual. Namun bayangkan apa yang akan terjadi jika customer Anda sudah lebih dari 100 orang? 1000 orang? 10.000 orang? Akankah Anda mengandle semua prosesnya secara manual?

Sistem akan membantu Anda mencarikan tools yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar pekerjaan Anda dapat dilakukan secara otomatis. Dengan adanya otomasi, maka pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan efisien.

5. Karyawan Anda tidak dapat menunjukkan performa terbaiknya.

Jangankan perform dengan baik, karyawan Anda akan disibukkan dengan pekerjaan-pekerjaan yang seharusnya dapat disederhanakan. Saat Anda memiliki sistem yang mumpuni, maka Anda dapat fokus untuk mengembangkan kualitas tim yang Anda miliki sehingga mereka dapat memaksimalkan output dari bisnis proses itu sendiri.

Kutipan dari Orison S. Marden sangat relevan untuk pengembangan bisnis. “A good system shortens the road to the goal.” Saat Anda berhasil menciptakan sistem yang bekerja dengan baik, Anda sudah dua atau tiga langkah lebih dekat dengan goal perusahaan Anda.

Sudahkah sistem di perusahaan Anda bekerja dengan baik?

 

 

SOLOG.id provides the best ERP system for your logistic company.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2021 Logistics Connected &Tracebility

× How can I help you?