Download Balanced Scorecard untuk Bisnis Logistik Transportasi

Pola perkembangan bisnis logistik semakin beragam dan sangat tidak tentu dengan adanya berbagai kondisi saat ini, termasuk perkembangan teknologi dan dengan adanya Pandemi COVID ini. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi dari perkembangan bisnis terutama pada bisinis logisitk transportasi darat atau laut. Disinilah peran dari Business Owner untuk bisa selalu mengembangkan manajemen strategi nya untuk bisa adaptif di dunia bisnis yang VUCA (Volatility, uncertainty, complexity and ambiguity) ini. Di artikel ini anda bisa mengunduh sebuah contoh dokumen di bagian Download Balanced Scorecard untuk Bisnis Logistik Transportasi.

Setiap bisnis akan selalu muncul dinamika dan permasalahan. Atau bisa diistilahkan Business Turbulences = The Problem(s).

Download Balanced Scorecard

Business Owner perlu membentuk tim yang berfungsi untuk mengembangkan “Srategy Management” dengan bertujuan untuk bisa selalu melakukan proses perbaikan yang seimbang dan berkelanjutan. Gambaran alur secara mudah bisa dilihat dibawah ini.

Closed Loop Strategy Management System

Salah satu Rencaba Strategi (Strategic Plan) adalah kita bisa membuat Balanced Scorecard (BSC). Apakah itu Balanced Scorecard (BSC) ?

“Balanced” berarti seimbang. Dengan demikian Balanced Scorecard adalah alat manajemen untuk menjaga keseimbangan antara

  • Indikator finansialdan non-finansial
  • Indikator kinerja masa lampau, masa kini dan masa depan
  • Indikator internal dan eksternal
  • Indikator yang bersifatLeading (Cause/Driver) dan Lagging (Effect/Outcome).

Selanjutnya, kata “Scorecard” secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai “kartu nilai” atau raport yang biasa kita kenal di sekolah. Terjemahan bebas seperti ini cukup benar, karena BSC juga dapat dianggap sebagai sebuah kartu dimana di dalamnya terdapat berbagai penilaian atas pencapaian kinerja dari setiap strategi yang dibangun.

Untuk memudahkan membangun BSC, kita perlu menerjemahkan dalam bentuk Strategy Map yang bermaksud menyediakan visual framework untuk mengintegrasikan tujuan organisasi dalam empat perspektif Balanced Scorecard. Ini menggambarkan cause and effect relationships yang menghubungkan hasil yang diinginkan dalam perspektif customer dan perspektif keuangan dengan kinerja luar biasa dalam proses internal yang kritis. Proses kritis ini menciptakan dan menyampaikan organization’s value proposition kepada customer yang ditargetkan dan juga mempromosikan organization’s productivity objectives dalam perspektif keuangan. Stargey Map juga mengidentifikasi kapabilitas spesifik dalam “organization’s intangible assets” yang diperlukan untuk memberikan kinerja luar biasa dalam proses internal yang kritis.

Setelah tahapan “Strategy Map”, maka kita akan membuat Balanced Scorecard dengan isian :

  1. Indikator pencapaian (KPI)
  2. Target yang akan dicapai
  3. Proyek atau aktivitas dalam mencapai hal tersebut

Silahkan untuk mendownload Template Balanced Scorecard untuk bisnis Logistik dibawah ini :

Hubungi kami lebih lanjut untuk bisa berkonsultasi mengenai perencanaan strategi di bisnis logistik Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2021 Logistics Connected &Tracebility

× How can I help you?