Good Receiving / Penerimaan Barang di Gudang

SOLGO memiliki fitur utama adalah Modul Warehouse yang sesuai bagi bisnis logistik yang memiliki unit layanan jasa persewaan gudang atau bisnis logistik yang mengelola Inventory. Di Modul Warehouse dan di Modul Inventory, mengahadirkan juga sub modul Good Receiving atau Penerimaan barang di gudang.

Good Receiving in Warehouse

Konsep Good Receiving (GR) atau penerimaan barang adalah proses penerimaan yang dilakukan di gudang atau sebuah tempat dari berbagai sumber transaksi sebelumnya, antara lain :

  1. Pembelian barang / Purchase Order, barang yang diterima akan melihat referensi dari bagian pembelian / purcashing untuk dicocokkan dan diterima. Data penerimaan akan diserahkan ke bagian purchasing untuk divalidasi.
  2. Barang Pengiriman / Titipan Gudang / Inbound Delivery, biasanya dari pelanggan yang ingin mengirimkan barang tetapi barang itu ditimbun dulu di gudang untuk dilakukan pengelolaan (konsolidasi, pemisahan atau pengepakan) sebelum dikirim ke tujuan yang diinginkan.
  3. Mutasi barang / Stock Transfer, yaitu proses pemindahan barang dari gudang satu ke gudang lainnya.
  4. Retur Pembelian Barang / Purchase Order Retur, hampir sama dengan poin nomor 1, dimana sumber barang adalah dari Order pembelian tetapi barang yang diterima adalah barang yang ditukar karena kurang atau berbeda atau rusak ketika penerimaan awal.
  5. Barang Batal Kirim / Oubound Delivery / Outbound Shipment . Di kegiatan logistik pengiriman, biasanya terjadi pembatalan pengiriman yang dikarenakan beberapa hal misalnya kendaraan ganti/rusak atau alamat salah. Nah biasanya barang akan dikembalikan pada gudang yang sama atau pada gudang yang berbeda.
  6. Sisa barang produksi / Rest Production Good / Maintance. Pada saat penggunaan barang terkadang terjadi sisa material yang harus kembali di gudang. Kondisi ini perlu dicatat untuk keperluan pelacakan / tracing penggunaan barang dan sebagai dasar rencana penggunaan material berikutnya sehingga menghindari pemborosan penggunaan material dasar / raw material.
  7. Retur Barang atas penjualan / Sales Order Return. Adalah pengembalian barang dari proses penjualan, bisa jadi selisih dari penjualan atau barang yang reject/rusak.
  8. Pengembalian Barang Pinjaman. Biasanya digunakan untuk peralatan / material handling yang digunakan oleh orang / divisi lain atau mekanik.

Selanjutnya setelah proses penerimaan barang dengan berbagai sumber transaksi tersebut, dengan adanya modul SOLOG Good Receiving (GR) atau penerimaan barang ini akan membantu menginputkan data penerimaan barang dengan cepat karena hanya dengan mencari data Transaksi sebelumnya yang dijadikan dasar penerimaan, maka barang-barang akan muncul dan tinggal mencocokkan jumlah atau kondisi barang. Kemudian barang di tempatkan pada lokasi standar / default oleh sistem (default Good receiving area) dan diteruskan oleh proses pengecekan dan persetujuan supervisor lalu proses penempatan pada rak / lokasi (bin location) yang sudah ditentukan


Jika Anda ingin mengembangkan Manajemen Pergudangan atau Inventory Management System, silahkan untuk menghubungi kami. Kami akan selalu berusaha memberikan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang bisa menuju tujuan bisnis Anda.

.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?